• Home
  • News
  • 11 Hakim Pajak Baru Siap Bertugas Tahun Ini

11 Hakim Pajak Baru Siap Bertugas Tahun Ini

Ditulis oleh detik.com   

Wednesday, 12 January 2011

Jakarta – Pengadilan Pajak tambah 11 hakim pajak baru yang siap bertugas pada tahun ini. Dalam menindaklanjuti kesepakatan Kementerian Keuangan dengan Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial maka Kemenkeu membuka secara luas recruitment hakim pengadilan pajak.

"Dulu hakim pengadilan pajak dari pensiun pajak dan bea cukai, sekarang dibuka lebih luas dari perguruan tinggi atau hakim tata negara," ujar Sekjen Kementerian Keuangan Mulia P Nasution saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Selasa (11/1/2011).

Walaupun tidak memiliki bekal mengenai pajak, nantinya calon-calon hakim ini akan diberikan pelatihan-pelatihan. Dari pembukaan pada tahun 2010 lalu, terdapat 11 hakim pajak baru yang siap bertugas pada tahun 2011 ini.

"Saat ini, jumlah hakim pajak 48 orang, tahun lalu dibuka, ada tambahan 11 orang," ujarnya.

Untuk pengangkatan hakim pajak baru, Mulia menjelaskan dari calon-calon yang didapat Kementerian Keuangan, Menkeu perlu mengajukan rujukan ke Mahkamah Agung, kemudian MA mengajukan kepada Presiden untuk dilantik. Mengenai pembinaan dan pengawasan secara teknis terhadap para hakim pajak ini akan dilakukan oleh MA, sedangkan yang bersifat non teknis, seperti perilaku akan diserahkan kepada KY.

Sebagai informasi, setelah melalui serangkaian seleksi penerimaan hakim Pengadilan Pajak, akhirnya sebanyak 11 peserta seleksi calon hakim Pengadilan Pajak yang dinyatakan lolos.

Ke-11 calon hakim itu adalah Adi Wijono, Aman A. Sinulingga, Sunarto, Aman Santosa, Karlan Sjaibun Lubis, Arif Subekti, Tri Hidayat Wahyudi, Usman Pasaribu, Bambang Sudjatmoko, MZ Arifin, dan Johantiono.

Sebelumnya, sebanyak 33 orang calon hakim dinyatakan lulus tes pengetahuan perpajakan penerimaan hakim Pengadilan Pajak TA 2010. Jumlah tersebut kemudian menyusut tinggal 12 peserta yang lolos tahap wawancara dan satu peserta gugur dalam tahap tes kesehatan dan kebugaran sehingga yang dinyatakan lolos dalam proses seleksi tahun ini tinggal 11 peserta.(nia/ang)


Ramdhania El Hida 
 

Sumber : detikFinance   
Tanggal: 12 Januari 2011

Essential Documents

Doing Business
in Indonesia.

UHY International

International Business Issue
17 18 19 20 21 23 24

News Archives