• Home
  • News
  • Aktivitas WP Akan Dibenchmarking Total

Aktivitas WP Akan Dibenchmarking Total


Ditulis oleh Bisnis.com   

Wednesday, 15 April 2009

 

JAKARTA : Direktorat Jenderal Pajak akan melakukan brencmarking total terhadap setiap aktivitas ekonomi wajib pajak (WP) badan yang bertujuan untuk mendongkrak setoran pajak.

Tahun ini, Ditjen Pajak dituntut untuk dapat mengumpulkan setoran pajak sebesar Rp587,8 triliun atau naik 2,9% di atas realisasi penerimaan pajak 2008 sebesar Rp571,1 triliun.

Target tersebut tertuang dalam kontrak kinerja yang telah ditandatangani pada 7 April 2009 antara Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Semua pejabat eselon I menandatangani kontrak itu, kontrak kinerja Ditjen Pajak tentunya mencakup beberapa aspek sesuai bisnis utama yaitu dari sisi penerimaan,” katanya di Jakarta, kemarin.

Darmin menjelaskan untuk memenuhi target tersebut pihaknya telah menyiapkan metode benchmarking secara total terhadap setiap aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh suatu perusahaan.

Dalam konsepsi ekonomi, jelas Darmin, setiap bagian dari aktivitas ekonomi mulai dari proses input sampai dengan output terdapat kewajiban pajak yang harus dibayarkan oleh WP.

“Di input ada PPN, di profit ada PPh badan, di gaji ada PPh pasal 21, di bunga ada PPh final, dan di sewa ada PPh pasal 26. Jadi kalau kita brencmark semua, mau bersembunyi kemana dia?” jelasnya.

Saat ini, lanjut Darmin, metode brencmarking tersebut sedang dalam tahap finalisasi. “Dengan metode ini sekaligus juga agar aparat kita [Ditjen Pajak] lebih termonitor kerjaannya,” katanya.

Adapun, aspek lain yang menjadi indikator dalam kontrak kinerja tersebut a.l. aspek peningkatan kualitas pelayanan, aspek enforcement (pemeriksaan, penyidikan, dan penagihan), dan aspek penambahan jumlah WP orang pribadi. (dj)


oleh : Achmad Aris

Sumber : Bisnis.com
Tanggal: 15 April2009

Essential Documents

Doing Business
in Indonesia.

UHY International

International Business Issue
17 18 19 20 21 23 24

News Archives